Rutan Perempuan Minta Keluarga WBP Kirim KK untuk Vaksinasi Susulan

Rutan Perempuan

topmetro.news – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Perempuan Kelas II A Medan masih menunggu kartu keluarga milik sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendekam di rutan tersebut dari keluarga para WBP agar dapat dilaksanakan vaksinasi susulan.

“Kita sedang usahakan kepada keluarga WBP, agar segera mengirim Kartu Keluarga para WBP. Setelag dikirim, kita akan data kembali dan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dilaksanakan vaksin susulan terhadap WBP,” terang Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Perempuan Kelas II A Medan, Ema Puspita, Bc.IP, S.Pd, MH, kepada topmetro.news, melalui pesan singkat Whatsapp-nya, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Ema, ada 138 WBP di Rutan Perempuan Kelas II A Medan yang belum mendapat vaksin Covid 19. Mereka tidak mendapat vaksin karena tidak mempunyai KTP, sehingga kita berharap keluarga mereka segera mengirimkan Kartu Keluarga yang tercantum identitas WBP.

“Salah satu syarat untuk mendapat vaksin, harus memiliki NIK. Sementara beberapa diantara mereka tidak mempunyai KTP, jadi kita minta keluarganya mengirim KK mereka,” imbuh Ema.

Ema juga menambahkan, sebanyak 109 WBP di Rutan Perempuan Kelas II A Medan telah mendapat vaksin Covid 19 dari Dinas Kesehatan Kota Medan, melalui Puskesmas Sei Agul. Vaksinasi tersebut dilakukan pada Rabu (30/6) lalu.

“Sebelumnya, kita sudah kordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan vaksinasi terhadap WBP di Rutan Perempuan Kelas II A Medan. Menindaklanjuti kordinasi itu, sebanyak 5 tim kesehatan dari Puskesmas Sei Agul dibantu petugas Rutan Perempuan Kelas II A Medan telah melakukan vaksinasi terhadap 109 WBP, dan 138 lainnya terkendala karena tidak mempunyai KTP, dan memiliki bawaan seperti darah tinggi dan diabetes,” paparnya.

Ia mengaku, vaksin terhadap WBP sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid 19 di lingkungan Rutan Perempuan Kelas II A Medan.

“Vaksin ini sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid 19 di tempat kita, kita akan terus kordinasi ke Dinas Kesehatan agar dilakukan vaksin susulan terhadap WBP lainnya. Kita juga terus mengingatkan setiap orang di Rutan Perempuan Kelas II A Medan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M,” tutupnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment